Anies: Kalau Hanya Bangun Kota yang Megah, Firaun Pun Dulu Bisa

Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa pembangunan yang seharusnya dilakukan bukan hanya soal pembangunan fisik dan kota yang megah.

Jika hanya membangun fisik, kata Anies, Raja Mesir Kuno Firaun juga bisa melakukannya sejak dulu.

“Kalau hanya membangun kota yang megah, maka Firaun pun dulu bisa membangun kota yang megah, tetapi menghadirkan keadilan, nah itu enggak bisa karena di sana enggak ada,” ujar Anies di Kelurahan Jati, Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (10/1/2017).

Dolansir kompas.com, Anies mengatakan, dia akan berusaha membangun keadilan tersebut, salah satunya yang berkaitan dengan pendidikan.

Di hadapan warga Jati, Anies menyebut selama ini pembangunan di bidang pendidikan lebih banyak membangun fisik.

Setiap yayasan pendidikan lebih banyak melaporkan pembangunan fisik, seperti gedung, perpustakaan, dan lainnya.

Lho ini Dinas Pekerjaan Umum atau Dinas Pendidikan? Karena yang diceritain pasti barang mati. Pendidikan itu yang harus dibangun orangnya,” kata dia.

Jika terpilih menjadi gubernur pada Pilkada DKI 2017, Anies akan membangun manusia melalui pendidikan.

Anies akan melatih guru dan tenaga pendidiknya serta membangun sarana dan prasarana. Anies mengatakan, pembangunan bukan hanya soal yang terlihat oleh mata.

“Jangan hanya cari yang kelihatan mata. Akhlak itu enggak kelihatan di mata. Akhlak itu kelihatannya dari mana? Saat bertutur kata, saat berbuat, saat dia bekerja, di situ akhlak baru kelihatan,” ucap Anies.

Untuk bidang pendidikan, Anies berjanji akan menghadirkan pendidikan yang gratis, berkualitas, dan tuntas.  (*)