Bangunan Poliklinik PDN Dinilai Salah Diperencanaan

Paket proyek belanja modal lanjutan pekerjaan poliklinik dinilai ada kesalahan dalam perencanaannya. Soal instalasi listrik dan air merupakan item pekerjaan terkecil dan anggaran paling kecil. 

TAKALAR – Pembangunan lanjutan rumah sakit umum (RSU) H. Padjonga Dg Ngalle yang awalnya mempersoalkan pemasangan instalasi listrik dan air, kini berkembang masuk ke ranah konstruksinya. Dimana proyek miliaran ini dinilai ada kesalahan besar dalam perencanaannya atau ketidakmapanan Konsultan Perencana dan Konsultan Pengawasnya termasuk pihak PU.”Ini kesalahan besar yang dilakukan perencananya,” ungkap tokoh konstruksi di Takalar.

Kata dia, kalau hanya instalasi listrik dan air itu gampang dan anggannya paling kecil diantara semua item pekerjaan dalam sebuah gedung. Tapi di kontruksi bangunan, PEILl lantai gedung baru yang titik nolnya sama dengan permukaan jalan, maka itu akan berakibat fatal saat alam mulai bicara.

Maksudnya, kalau terjadi banjir 5 cm di atas permukaan jalan, maka seluruh lantai ruangan akan tenggelam. Itu terjadi karena sanitari dari gedung RSU peil lantainya hampir seperdua dari kedalaman saluran air jalan raya sehingga kalau hujan pengaliran air tidak maksimal. Bahkan menurutnya, air dari saluran jalan akan mengalir masuk ke areal rumkit kalau hujan keras.

Untuk mengatasinya, maka peil lantai harus di angkat yang tentu berpengaruh pada semua komponen. Jika itu tidak dilakukan, maka rumkit tidak layak di pakai untuk standar RSU.     (R)