Begini Suasana Persiapan HUT Tana Toraja ke-60

MAKALE – Prosesi pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tana Toraja ke-60 besok, Kamis (31/8) sidah dipersiapkan. Kegiatan awal seperti festival kuliner, tenun tradisional dan kegiatan sosial lainnya merupakan bagian tak terpisahkan dari puncak acaranya besok. Dipelaksanaan ini juga menjadi momen hari jadi ke-770 Tana Toraja.
Sekda, Samuel Tande Bura yang ditemui disela-sela aktifitas persiapan pelaksanaan perayaan bersejarah Tana Toraja ini menjelaskan, lokasi prosesi perayaan ditempatkan di Buntu Buraka dan mulai ramai dikunjungi masyarakat. Disepanjang lokasi sudah didirikan tenda baik untuk tamu lokal dan undangan baik lokal maupun luar daerah.
Dari pintu Gerbang jelas Sekda, ada tulisan Toraja Maelo yang diapit dua gambar rumah adat Toraja. Sedang untuk persiapan penyambutan, Sekda Samuel menyampaikan akan ditampilkan tarian kolosal, paktirra, pakgelluk, suling tekdek, bas, geso-gesok  dan pertunjukan seni tradisional lainnya.
Adapun undangan yang disebar dan akan hadir beso al; Mentri Dalam Negeri bersama Rombongan, Gubernur, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, Bupati – Wali Kota Se-Sulsel dan dari Sulbar serta mantan-mantan Bupati Se Tana Toraja diantaranya Haritanun dan Hairul Tanjung.   (andarias/titus/r)