Birta Ria Kassi Jadi Magnet Wisata di Jeneponto

TAKALAR – Kemajuan sebuah daerah sangat ditunjang oleh pengelolaan sumber daya alam yang memiliki prospek mencipta sumber pendapatan daerah seperti obyek wisata. Kemampuan sumber daya manusia (sdm) tentu saja menjadi tolak ukur intelktualitas aparat untuk menata dan mengelolanya.
Salah satu objek wisata di kabupaten Jeneponto yakni Obyek wisata Birta Ria yang lebih populer wisata pantai Kassi  sejak dulu hingga sekarang banyak dikunjungi baik lokal maupun luar kabupaten. Lokasi ini menjadi magnet wisata di Kabupaten Jeneponto yang menyedot wisawatan. Pesona alam dan pantai yang mengundang decak kagum.
Obyek wisata Birta Ria Kassi menjanjikan pendapatan bagi kas pemerintah Kabupaten Jeneponto dengan pesona pantai dan nuansa alamnya yang menyajikan kesejukan, menjadikannya sebagai alternatif tamasya warga Turatea dan sekitarnya.
Kawasan Birtaria Kassi terletak di desa Tonro Kassi, Kecamatan Tamalanrea, Kabupaten
Jeneponto. Luas obyeknya mencapai empat hektar. Jarak dari kota Makassar, ibukota Propinsi Sulawesi Selatan menuju obyek kurang lebih 60 kilometer.Letaknya sangat strategis, hanya 200 meter dari jalan propinsi. Dari kota Jeneponto, kita dapat menempuh jarak 20 kilometer atau satu jam perjalanan.
Pada hari-hari libur seperti halnya obyek wisata lain, Birta Ria Kassi Ramai dikunjungi, terutama masyarakat dari daerah sekitarnya dan tarif masuk tergolong murah. Kawasan ini dilengkapi fasilitas kolam renang yang di rancang untuk semua kalangan khususnya anak-anak.  (ardi/R