BPJS TK Utamakan Pelayanan dan Kemudahan

MAKASSAR – BPJS Ketenagakerjaan menyadari rentangnya kelompok informal jika tidak terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan hingga kedepannya, sektor ini akan menjadi fokus.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Sudirman Simamora mengatakan, posisi iuran BPJS Ketenagakerjaan saat ini telah mencapai Rp1,182 triliun. Angka itu lebih tinggi dari target awal yang mematok Rp1,099 miliar.

Sedangkan untuk peserta mencapai Rp2,247 juta jiwa. Sementara, perusahaan yang menjadi peserta¬† ada 40.131, tahun ini ada penambahan mencapai 16.475 perusahaan.”Kita terus utamakan pelayanan dan kemudahan-kemudahan agar masyarakat tertarik ikut termasuk bisa daftar lewat online,”jelasnya.

Tahun depan, 70 persen sasarannya masih pekerja informal. “Kita giat ajak tukang ojek, pedagang pasar, termasuk pedagang kaki lima. Kita akan ajak lebih banyak lagi,” paparnya.

Asisten Deputi Bidang Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sulawesi Maluku, Zulkarnain Mahading menambahkan, berbagai program saat ini telah dilakukan sebagai upaya menjaring lebih banyak peserta diantaranya program Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan, Mall Sadar BPJS Ketenagakerjaan dan Pasar Sadar BPJS Ketenagakerjaan.  (mt/ar/cw)