‘Budayaku Duniaku’ IPMA Gaungkan Lewat Festival

Keprihatinan mahasiswa yang tergabung di IPMA akan kesenjangan pengetahuan budaya generasi diaplikasikan lewat gelar festival budaya yang mengangkat tema ‘ Budayaku Duniaku.’

LUTIM – Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Mahasiswa Luwu Timur (IPMA Lutim) gelar festival budaya dipusatkan di Desa Wawondula, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur.

Event festival budaya dengan aneka  seperti lomba puisi, parodi, pameran kuliner, hingga permainan tradisional. Selain itu juga ada lomba fashion show baju adat dan tarian adat Luwu.

Ketua IPMU Lutim Komisariat Towuti, Muhammad Yusuf mengatakan, festival ini diselenggarakan atas keprihatinan mahasiswa terhadap karakter generasi muda yang tidak lagi mengetahui budayanya sendiri.

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler memberikan apresiasi atas pelaksanaan festival budaya yang digelar kaula muda dari mahasiswa. Menurutnya, ini adalah langkah nyata yang dilakukan mahasiswa untuk mengenalkan budaya kepada masyarakat termasuk generasi muda agar memahami aneka budaya yang dulu sangat berkembang di masyarakat.

Husler juga mengatakan ilmu dan teknologi yang berkembang saat ini tidak harus membuat masyarakat kehilangan identitas budaya, tapi sebaliknya budaya harus berkembang sejalan dengan perkembangan informasi saat ini.  (tal/ar/cw)