Bukti ‘Si Merah’ Juga Bisa Bertahan dengan Baik

Liverpool masih belum bisa lepas dari masalah di lini belakang. Tapi kemenangan atas Manchester City seperti membuktikan ‘Si Merah’ pun juga jago bertahan.

Liverpool memang tampil tajam musim ini dengan torehan 45 gol dari 18 pertandingan di Premier League – sebelum menghadapi City -. Belum lagi soal fakta bahwa mereka adalah tim terproduktif di liga sepanjang tahun ini dengan 86 gol.

Namun, Liverpool masih belum bisa menemukan penawar tepat untuk persoalan di lini belakang khususnya sektor penjaga gawang. Kedatangan Loris Karius musim panas lalu juga tak banyak membantu.

Total Liverpool sudah kebobolan 21 gol yang merupakan jumlah terburuk di antara tim-tim penghuni 10 besar. Bahkan dua performa buruk saat kalah 3-4 dari Bournemouth dan imbang 2-2 dengan West Ham United membuat Karius dikritik habis yang berujung hilangnya posisi starter.

Simon Mignolet pun kembali mendapat posisi inti di empat laga terakhir yang dibayar lewat performa oke di bawah mistar. Empat kemenangan beruntun didapat dengan tiga kali mencatatkan clean sheet, termasuk saat mengalahkan City 1-0 di Anfield, Minggu (1/1/2017) dinihari WIB.

Mignolet sukses menjaga gawangnya tetap bersih dari gol meski City terus menerus menggempur. Performa oke Ragnar Klavan-Dejan Lovren sebagai duet bek sentral jadi salah satu alasannya.

“Saya tahu semua orang membicarakan soal pertahanan kami. Bagi saya ini bukan cuma soal menghindari gol tapi juga bagaimana Anda bekerja bersama-sama,” ujar Klopp seperti dikutip Soccerway.

“Secara keseluruhan sebenarnya kami kebobolan paling kecil dari total shot on target ke gawang kami,” sambungnya.

“Kami sudah memasuki tahap berikutnya dalam perkembangan kami. Level konsentrasi kami sangat luar biasa. Kami mampu mengatasi setiap situasi.”

“Kritik soal pertahanan kami itu tidak masuk akal. Jika Anda memiilih penjaga gawang dan mengatakan ‘wah ini tidak bagus’… ya seperti itulah kiper bekerja,” tutupnya.

Tambahan tiga poin membuat Liverpool kokoh di posisi kedua dengan 43 poin, selisih enam angka dari Chelsea di puncak.