Dinkes ; Gelar Kota Sehat, Optimis Bisa Dipertahankan

MAKASSAR – Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Naisyah  Azikin sejak tahun 2007 Kota Makassar telah mengantongi sebagai kota sehat. Predikat ini katanya, tidak terlepas program Pemerintah Kota Makassar dan kerjasama lintas Satuan Kerja Pemerintah Daerah  (SKPD) Kota Makassar.

Ada beberapa program Pemerintah Kota Makassar yang mendukung Kota Makassar sebagai kota sehat yakni Makassar’ta Tidak Rantasa, Lihat Sampah Ambil (Lisa), Gerakan Makassar Bersihkan Lorong-lorong (Mabello), Gerakan Lorong Garden (Longgar), Penetapan Kawasan Bebas Rokok, dan lainnya.

“Dinobatkannya Makassar sebagai Kota sehat sejak 2007 tidak terlepas dukungan Pemerintah Kota Makassar dengan beberapa program serta adanya kerjasama lintas SKPD se Kota Makassar,” jelasnya.

Penghargaan yang diperoleh Kota Makassar sebagai kota sehat tidak hanya ditinjau dari satu tatanan yakni dari segi kesehatan tetapi ada 7 aspek yang ditinjau yakni salah satunya aspek kawasan lalu lintas yang tidak macet, ketahanan pangan dan gizi, pembinaan tani, serta masih ada yang lain.

“Untuk mempertahankan predikat ini saya kira tidak hanya tanggung jawab dari Dinas Kesehatan Makassar tapi seluruh Satuan Kerja Pegawai Daerah (SKPD) Kota Makassar serta masyarakat,” ungkapnya.   (ar/cep/cw)