Ditemukan Ratusan Botol Minyak Tak Layak Konsumsi

TANA TORAJA – Tim Terpadu yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Tana Toraja menemukan  ratusan botol Aqua yang diisi minyak goreng curah tidak layak konsumsi di Kamali, Kelurahan Kamali Pentalluan, Kecamatan Makale, Kamis 15 Juni 2017.

Tim Terpadu yang dipimpin langsung Asisten II Peri Bitticaca yang terdiri dari anggota Polres Tana Toraja, Kepala Badan Pusat Statistik, Kepala Badan ketahanan Pangan dan perikanan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kasatpol PP dan Damkar, Kepala Dinas penanaman Modal dan Kabag Ekonomi Setda.

Tim ini turun bersama-sama ke lapangan sesuai surat Bupati Tana Toraja tentang Pengendalian Harga dan Kondisi Inflasi di Kabupaten Tana Toraja selama bulan Ramadhan hingga jelang Idul Fitri 1438 H 2017 M. Atas dasar tersebut Tim langsung memantau ke ke pasar Sentral Makale dan Toko Grosir Iskandar (Ita Trans) yang terletak di Kamali Pentalluan Jalan Poros Makale Rembon.

Di Toko Iskandar, Tim mendapatai minyak goreng yang sementara diisi kedalam  botol Aqua bekas yang dipungut dari tempat sampah seperti layaknya yang di bawah para pemulung.

Menurut Kasatpol PP Tana Toraja Subu Nura yang juga mantan Camat  mengkendek ini mengatakan bahwa Toko Grosir Iskandar saat ditemukan sedang mengisi minyak goreng curah ke dalam botol aqua bekas. Anggota Polres yang ikut dalm tim ini langsung mongintrogasi dan pemilik toko tersebut mengakui dan menunjukkan langsung karung tempat menampung botol aqua kotor tersebut ke pada tim.

Nura menjelaskan, kalau ratusan botol minyak goreng curah diisi ke dalam botol aqua kotor diperdagangkan ke pedesaan khususnya di Wilayah Barat Tana Toraja, dan harga minyak gorong dalam botol aqua kotor ini  juga jauh lebih murah. Ratusan Botol minyak Goreng curah ini langsung di antar Tim ke Polres Tana Toraja untuk proses lebih lanjut.   (titus/R)