Ditpolair Gagalkan Penyelundupan Ratusan Bal ‘Cakar’

PAREPARE – Ditpolair Polda Sulsel berhasil menggagalkan penyelundupan ratusan karung pakaian bekas atau Cap Karung (Cakar) berbagai jenis. Ratusan bal pakaian bekas diamankan dari sebuah Kapal Swasta dari Nunukan,  Kalimantan Utara di Pelabuhan Nusantara Parepare belum lama ini.

Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Sulsel, AKBP Mustari mengatakan, pengungkapan penyelundupan pakaian cakar ini berawal dari patroli yang dilakukan Tim Khusus Ditpolair di perairan Parepare.

“Berawal saat kita melakukan patroli seiring dengan laporan masyarakat. Saat kita geledah kapal, ternyata kita temukan ratusan bal pakaian bekas ini dari Nunukan,” ujarnya.

Modus pelaku penyelundupan dengan menyembunyikan ratusan bal pakaian bekas ini diantara karung-karung rumput laut sehingga sulit dideteksi.

“Jadi pelaku penyelundupan cukup cerdik, mereka menyembunyikan pakaian bekas ini diantara karung rumput laut disisi kiri dan kanan kapal. Sehingga dibutuhkan kejelian untuk membongkar modusnya dan ini diduga sudah berlangsung lama,” jelasnya.

Koordinator Indonesia Timur Corruption Watch (ITCW), Jamsir meminta aparat kepolisian untuk memperketat pengawasan di Pelabuhan Nusantara. “Pengawasan harus diperketat,” imbuhnya. (am/ar/cw)