Dukung Pariwisata, Pembangunan Bandara Toraja Mendesak Diselesaikan

MAKASSAR – Komitmen Pemerintah Sulawesi Selatan untuk pengembangan infrastruktur di Toraja akan terus direalisasikan. Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung pembangunan pariwisata di daerah itu. Percepatan pembangunan infrastruktur sarana transportasi Bandara Buntu Kunyi, merupakan salah satu infrastruktur yang fokus direalisasikan .

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang menjelaskan, penyelesaian pembangunan Bandara Buntu Kunyi sudah mendesak diselesaikan, mengingat bandara Pongtiku tidak dapat didarati pesawat berbadan besar. “Pembangunan Bandara Buntu Kunyi harus segera diselesaikan, karena Bandara Pongtiku selain tidak memenuhi standar penerbangan, juga hanya dapat didarati pesawat berpenumpang 30 orang saja,” jelas Agus, saat menerima Ketua Rombongan Torayaan, Litha Brent saat berkunjung di kantor Gubernur.

Jika nantinya pembangunan Bandara Buntu Kunyi selesai, Agus berencana membangun lapangan golf di eks Bandara Pongtiku yang berada di ketinggian, sehingga suasana dilapangan golf akan terasa sejuk. “Di Sulsel belum ada lapangan golf yang bercuaca dingin, jadi sebaiknya bekas lapangan Udara Pongtiku itu kita bangun lapangan golf yang suasananya lebih sejuk,” katanya.

Ketua Rombongan Sangtorayaan apresisasi yang tinggi kepada Wagub Agus atas perhatiannya, yang serius mendorong pembangunan kemasyarakatan infrastruktur di Toraja. Untuk itu, Litha meminta warga Toraja yang berdomisili di Makassar agar turut serta dan beperan aktif dalam pembangunan di Sulsel.

Menurut Litha, berkumpulnya komunitas Toraja tersebut akan membahas berbagai kegiatan seperti even Lovely December untuk menggugah orang Toraja yang ada di luar agar pulang kampung saat even digelar. (ear/R)