Festival Bedug, RM Al-Ikhwan Bontolangkasa Dapat Juara

GOWA – Meskipun remaja mesjid Al’Ikhwan Bontolangkasa , kecamatan Bontonompo, kabupaten Gowa tak meraih juara di kabupaten Takalar, namun ada beberapa festival di Gowa yang diikuti menutupi kekalahannya, salah satunya juara sati di Gentungan, kecamatan Bajeng Barat.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, festival ini turut dihadiri Asisten II Provinsi Sulsel, para Muspida Kabupaten Gowa, anggota DPRD Provinsi Sulsel, Abd Rahmansyah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis, Kepala Kantor Kementrian Agama, H Anwar Abu Bakar, para pimpinan OPD, para Camat, beserta PNS lingkup Pemkab Gowa serta para masyarakat yang nampak antusias menyaksikan kegiatan tahunan ini.

Kepala Dinas Sosial, H. Syamsuddin Bidol melaporkan, festival yang berlangsung selama tiga  hari mulai dari  tanggal 17 Juni hingga 19 Juni bertujuan untuk meningkatkan syiar Islam di tengah-tengah masyarakat dan juga untuk menyemarakkan bulan suci Ramadan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri.

“Festival bedug dan takbiran yang telah berjalan selama kurang lebih enam tahun, dilaksanakan di bulan suci Ramadan diikuti sebanyak 28 peserta,” kata Syamsuddin Bidol.

Adnan mengatakan tujuan diadakannya Festival Bedug dan Takbiran ini agar dapat mengangkat dan melestarikan budaya seni tradisional sekaligus sebagai media syiar bagi umat Islam di dalam menjalankan ibadah amaliah untuk meningkatkan nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. “Ini merupakan ajang para generasi muda Islam saat ini dapat mengenal dan melestarikan seni budaya Islam,” ujarnya. (ar/R)