Guardiola: Tim yang Saya Latih Biasanya Pimpin Klasemen

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengakui bahwa ia tidak terbiasa untuk mengejar tim-tim lain di daftar klasemen liga.

Saat ini, Man City melorot ke posisi kelima dan tertinggal 10 poin dari Chelsea di puncak klasemen. Terakhir, pasukan Guardiola kalah 0-1 di tangan Liverpool pada Sabtu (31/12/2016).

Meski begitu, pelatih asal Spanyol itu menolak untuk menyerah dalam perebutan gelar Premier League.

Guardiola mengatakan, dirinya tetap berpikir positif dan siap untuk mengambil tantangan yang kini tengah dihadapinya.

“Biasanya, tim saya yang saya tangani memuncaki klasemen, seperti saat melatih di Barcelona dan Bayern Muenchen, sering sekali,” ujar Guardiola.

“Namun, oke, ini adalah babak baru dalam karier saya sebagai manajer dan saya siap untuk mencoba (dan menanganinya) dengan tim,” katanya menjelang pertandingan melawan Burnley pada Senin (2/1/2017).

Untuk itu, dia berharap para pemainnya tidak merasa terbebani dengan tuntutan meraih gelar. Guardiola menginginkan pemainnya tetap fokus agar bisa mengatasi ketertinggalan poin dari Chelsea.

“Sekarang, apa yang harus kami lakukan adalah percaya pada pertandingan berikutnya, tidak merasa terbebani, ‘jika kami tidak memenangi Premier League, itu akan menjadi musim yang tidak baik’,” ucapnya.

“Saat ini, kami hanya harus fokus pada pertandingan berikutnya,” ucap pelatih yang didatangkan Man City dari Bayern Muenchen itu.  (*)