Jalanan Rusak, Ongkos Ojek Mappa – Makale Rp600 Ribu

TORAJA – Kerusakan parah akses jalan di kecamatan Mappa membuat masayrakat setempat yang menggunakan jalan satu-satunya ini mengeluh. Benih janji kalangan eksekutif maupun legislatif yang di tabur malah jadi beban berat ekonomi warga.

Warga Mappa, Martinus ( 38) menganggap kalau pemerintah menganaktirikan masyarakat Mappa karena akses jalan satu-satunya tidak pernah disentuh. “Kami setiap kali melewati jalanan tersebut harus bermandikan lumpur,” sinisnya.

Camat setempatpun mengaku sangt kesjlitan mendistribusi bantuan khususnya beras miskin (raskin) ke Mappa karena truk angkutan tidak bisa melewati jalanan berlumpur.

Bukan hanya itu keluhan warga, biaya ojek ke Makale mencapai angka Rp600 ribu persatu kali jalan. Itu artinya, hasil tani warga sekitar Mappa jauh lebih rendah dari biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli kebutuhan pokok.

“Mungkin kami sengaja dimiskinkan dengan membiarkan akses ekonomi lumpuh dengan kerusakan jalan yang tak pernah dilirik,” keluh warga di Mappa.   (anda/cw)