Kedepankan Mufakat, IYL Kerucutkan Balon Wagub

MAKASSAR – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel, Ichsan Yasin Limpo (IYL) berkomitmen tetap mengedepankan musyawarah mufakat dalam penentuan calon pendampingnya di Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

Sejauh ini, Ichsan sudah mengerucutkan lima dari sembilan nama calon pendamping. Salah satunya mantan Kapolda Sulselbar Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Mathius Salempang. Empat nama lainnya, yakni Ketua DPW Partai NasDem Sulsel Rusdi Masse, bupati Kabupaten Luwu Andi Mudzakkar, Datu Luwu ke-40 Andi Maradang Mackulau, dan Anggota DPR RI asal Sulsel Akbar Faizal.

“Saya mengundang beliau secara khusus, dan bukan pada konteks PMI. Tetapi satu dari lima figur yang akan menjadi pasangan saya,” terang Ichsan saat melantik pengurus PMI di Toraja belum lama ini.

Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Adi Suryadi Culla mengatakan, harus ada komitmen awal dari seluruh bakal calon wagub tersebut agar tetap berada dalam barisan pemenangan Ichsan meski tidak terpilih dalam musyawarah. (ar/R)