Kejari Warning Kepsek SMAN I Makale ‘Kembalikan Uang Siswa’

Pungutan yang dilakukan Kepsek SMAN I Makale, Tana Toraja terhadap siswanya jadi trending topic, tidak terkecuali Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Makale, Amri Kurniawan juga angkat bicara.  

TATOR – Kasi intel kejaksaan Negeri Makale Amri kurniawan warning Pelaksana tugas (Plt) Kepsek SMAN I Makale, Herman agar segera kembalikan dana yang di pungut dari siswa. Menurut Amri, kalau pungutan untuk tenaga honorer itu tidak dibenarkan karena sudah ditanggung pemerintha melalui dana BOS. Begitupun biaya pembangunan sekolah ada anggaran yang disiapkan.“Apa pun bentuknyapungutan, tetap tidak diperbolehkan, jadi baiknya dikembalikan,” imbuh Amri.

Kalaupun alasannya kata Amri, atas kesepakatan orang tua siswa untuk bersukarela, tetap tidak dibenarkan apalagi mematoknya meskipun dibuatkan berita acara. Jadi kalau dia pungut dana ke siswa untuk pembampangunan sekolah itu suda jelas masuk dalam kategori pungli / pungutan liar.

Tapi kalau untuk pembayaran Tenaga Honorer saya cek dulu itu apa alasanya dia. Tapi yang jelas untuk pembayaran tenaga Honorer ada di dana BOS dan sekolah. Namanya juga sumbangan, itu tidak boleh mematok, sebab kalau terjadi ketentuan angka sumbangannya berarti pemaksaan namanya.

“Kalau dia tidak kembalikan uang yang di pungut ke siswa dalam bentuk apa pun, kita akan periksa,” pungkasnya.  (anda/cw)