Komitmen Bagi Pemimpin Penting Bangun Kepercayaan

TAKALAR – Ada yang menarik pada penyampaian Rias Rasyid di seminar sehari di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar Senin kemarin. ‘Komitmen’ merupakan satu dari sekian banyak penyampaian yang cukup mengesankan untuk dijadikan referensi guna membangun kepercayaan.

Seorang pemimpin baik dilakukakan dengan sukarela ataupun terpaksa, kata ‘komitmen’ ini wajib dikedepankan sebagai tindakan legitimat sebuah pernyataan. Kenapa, karena komitmen adalah bentuk dedikasi atau kewajiban yang mengikat seseorang kepada orang lain, hal tertentu, atau tindakan tertentu ataupun tergantung situasi masing-masing.

Menurut beberapa peserta di kantor Bupati, orang berkomitmen pada sesuatu karena mereka mencintai, merasa takut kehilangan atau mungkin berkomitmen karena merasa memiliki tanggung jawab untuk melakukannya. “Komitmen yang disampaikan pak Rias kurang lebih mengarah kepada tanggung jawab seorang pemimpin atas kepercayaan rakyat yang dipilihnya,” ujar ASN yang juga peserta di seminar.

Mereka (ASN) berharap, dengan memahami pengertian komitmen akan tumbuh rasa percaya diri atau sebuah semangat menuju perubahan yang lebih baik. “Insa Allah, komitmen terhadap 22 Program Prioritas Bupati Takalar terealisasi sesuai harapan,” tandasnya.   (cw)