Legislator PKS Menyambangi Kader dan Petani Ternak

Legisltaor PKS, Tamsil Linrung mengungkapkan perhatiannya kepada program Bupati Takalar dan wakil Bupati Terpilih Syamsari Kitta – Ahmad Se’re ( SKHD). Guru besar Fakultas Peternakan, Prof Dr Syamsuddin Hasan memaparkan diseminasi produk teknologi ke masyarakat melalui metode praktis pembuatan Urea Molases Block (UMB).

TAKALAR – Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPR RI Tamsil Linrung menggelar road show di daerah pemilihan Sulsel I. “Program satu sapi per KK sangat luar biasa, Sulsel utamanya Takalar bisa menjadi lumbung sapi untuk memenuhi kebutuhan nasional ” ungkapnya.
Sapi sehat dari penyakit kuku dan kulit bisa dimulai dari Takalar dengan ketersediaan lahan, punya pakar dan teknologi. “Kita peduli pada kemandirian petani,” ucap Tamsil saat menemui warga bersama sahabatnya, Agus Dwikarna yang menggandeng pakar peternakan Unhas diantaranya Prof Dr Syamsuddin Hasan, Dr Syamsuddin Nompo, Dr Mujnisa.
Kehadiran tokoh peternakan dalam rangka pelatihan Penerapan teknologi fermentasi pakan komplit untuk penggemukan sapi potong dalam mendukung pemberdayaan kelompok tani ternak di kabupaten Takalar. Tamsil bekerjasama dengan Direktorat Jenderal penguatan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ( Ristekdikti Unhas ).
Guru besar Fakultas Peternakan Prof Dr Syamsuddin Hasan memaparkan diseminasi produk teknologi ke masyarakat melalui metode praktis pembuatan Urea Molases Block ( UMB ). “Teknologi pakan ternak ini sangat membantu para petani ternak sebagai alternatif pakan rumput, ” ucap prof Syam.
Kata Prof, program sapi ini sangat bagus di kembangkan. Sapi menguntungkan peternak dengan produk Empat emas . Emas merah dari daging merah berkualitas. Emas putih dari susu segar. Emas biru dari biogas menjadi kompos. Dan emas hitam dari kotoran sapi menjadi pupuk organik. “Kami pakar ternak siap membantu dengan keilmuan yang kami miliki, bersinergi dengan pemerintah dan petani peternak untuk menjadikan program sapi sebagai program unggulan di Takalar ” Prof menjelaskan.
Wakil ketua DPRD Takalar, Hairil Anwar yang hadir membuka silaturrahim DPR RI dan pelatihan teknologi pakan ternak mengapresiasi kegiatan tersebut. “Masyarakat petani sangat senang dengan program ini, apalagi sinergi dengan program unggulan SKHD satu sapi per KK petani ” disambut antusian peserta yang memenuhi ruangan kantor PKS Takalar.   (cw)