‘Lumpuh Layu’ Camat Tuding Kepala Lembang Tak Laporkan

TANA TORAJA – Camat Gandang Batu Sillanan, Agus Paundanan akhirnya membesuk warga Lembang Gandasil yang terkena penyakit lumpuh layu dikediamannya di kampung Malalelo. Janda beranak tiga ini, Besse merawat dua anaknya yang sakit dan sudah mengalami cacat fisik yakni Nursia (18) terserang penyakit lumpuh layu dan Sainal (20)  yang patah tulang akibat jatuh saat mengambil pakan ternak.
Camat Agus juga mengakui kalau dirinya tidak pernah mengunjungi keluarga Besse karena ketdak-tahuannya, lantaran tidak ada laporan dari kepala Lembang setempat. Dia menyampaikan, keluarga penderita lumpuh layu merupakan warga pindahan dari kabupaten Enrekang sejak tahun 2012 lalu. Nanti setelah masuk tahun 2016, keluarga Besse ini baru bisa memenuhi surat-suratnya seperti KTP.
Meskipun keadaan memaksanya untuk membesuk keluarga Besse pasca diberitakan, Camat Agus menegaskan kalau tidak benar jika Besse mengatakan tidak ada perhatian pemerintah. Buktinya, dia mendapat jatah beras miskin (raskin). “Kami dibantu berupa beras 25 liter dan Mega Mie 1 dos,” ungkap anak Besse ke trialief.
Begitu juga dari Dinas Sosial yang datang dengan mobil mewahnya untuk strata orang kampung dengan Nopol DD 119 yang ternyata membawakan penderita lumpuh beras 10 liter dan gula 10 kilo.   (andarias/titus)