‘Maccera Manurung’ Pesta Adat Ini Ada di Enrekang

Enrekang salah satu kabupaten di SulSel yang dikenal memiliki ragam budaya dan adat istiadat yang hingga sekarang masih dipertahankan di setiap kecamatan salah satunya, Desa Kaluppini, Kecamatan Enrekang. Kebiasaan masyarakat setempat ini dilakukan sekali 8 tahun dengan prosesi budaya Maccera Manurung. Di kecamatan lain tepatnya di desa Pasang Kecamatan Maiwa juga dikenal dengan nama Maccera Manurung dilaksanakan sekali dalam setahun.

ENREKANG – Bupati Enrekang, Muslimin Bando yang menghadiri acara Tomanurung atau Pesta Adat Maccera Pua’ta Andulang yang berlangsung di Desa Labuku, Kecamatan Maiwa.

Menurut Camat Maiwa, Muhammad Alwi acara ini dilakukan sekali dalam setahun untuk mengenang leluhur mereka yang bernama Pua’ta Andulang yang lahir dan wafat di Desa Labuku.

Acara yang disakralkan ini diperingati setiap tahunnya dengan tujuan selain  mempererat jalinan tali silaturrahmi antar keluarga yang sudah berjauhan, juga mengenang dan membudayakan kebiasaan terdahulu.

“Meski keturunan Pua’ta Andulang saling berjauhan, tapi tetap dipertemukan dalam acara ini. Ada yang unuk dalam acara Maccera’ Pua’ta Andulang Ayam merah dan ayam dengeng serta kambing adalah menjadi syarat mutlak acara ini,” jelas Camat setempat.

Bupati H. Muslimin Bando sendiri mengapresiasi acara adat yang selalu digelar. “Mudah-mudahan tetap berjalan setiap tahun dan bisa dilestarikan sebagai salah satu keaneka ragaman budaya Suku Maasenrempulu yang ada di Enrekang,” kata Bupati berharap agar keasrian lokasi acara tetap dijaga keasliannya jangan sampai ada tangan-tangan tak bertanggung jawab yang ingin merusak.  (sr/ar/cw)