Padi Hampir Menguning, Sebentar Lagi Petani Panen

TAKALAR – Setelah berjuang dan bekerja keras, petani akhirnya bernafas lega melihat kondisi tanaman padinya yang sudah mulai menguning. Artinya, sebentar lagi panen setelah melewati masa keprihatinan pasca bajak, tanam, pelihara hingga bernostalgia dengan hama atau perusuh tanaman.

Pra-kondisi dipenantian hasil yang cukup melelahkan dalam interval waktu yang terasa lama, para petani tetap tabah, sabar menanti hasil dari kerja kerasnya. “Moga tidak adaji oknum yang berniat mencederai hasil perjuangan dan kerja keras kami,” ujar Dg Ngawing penuh harap.

Kata dia, oknum pengusaha yang notabenenya dikenal ‘Rentenir’ sekarang sudah mulai pasang kuda-kuda dengan jurus jitunya dengan memanfaatkan kondisi ekonomi petani.

“Banyak petani kasihan yang ambil uang ‘GABAH’ untuk menutupi kebutuhan kesehariannya. Yang lebih parah lagi, kalau lahan yang digarapnya ada oknum berniat ambil paksa melihat hasil yang akan di panen dengan asumsi adalah sawah miliknya,” ungkapnya.

Fakta kecilnya, Lahan parkir yang merupakan buah hasil dari seorang investor kecil dengan kerja kerasnya hingga menghasilkan PAD juga di Obok-obok. “Moga di kondisi jelang panen, pihak pemerintah tidak gagal pahamji,” pungkasnya.   (cw)