Pemkab Fasilitasi, BRI Janji Bunga Rendah

LUTRA – Perhatian Pemkab terhadap upaya pengembangan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)cukup diseriusi. Pertimbanganya, selain menyerap banyak tenaga kerja, sektor ini penyumbang sektor PDRB terbesar setelah sektor pertanian.

Kendala utama bagi UMKM adalah pemasaran dan permodalan.  Upaya Pemkab Lutra memfasilitasi pelaku UMKM mendapatkan bantuan modal dari Bank khususnya yang bergerak di sektor pertanian, peternakan, ketahanan pangan dan perikanan.

Hal itu dikemukakan Asisten Akbang Syamsul Syair saat memimpin rapat percepatan akses keuangan bagi UMKM.

Kata dia, fasilitasi permodalan akan dituangkan dalam MoU Pemkab Lutra dengan pihak perbankan.  Diharapkan perbankan kucurkan bantuan modal untuk pelaku UMKM diberikan keringanan, baik dari sisi proses administrasi maupun tingkat suku bunga pinjaman. Perwakilan BRI Masamba, Abdul Salam menyebutkan, pihaknya akan mendukung rencana MoU bersama Pemkab.

Terkait bantuan permodalan dari program kemitraan, pihak BRI akan menggunakan suku bunga pinjaman yang cukup rendah. ” Kami mendukung program kemitraan dengan suku bunga pinjaman akan lebih rendah dari suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR),” janji Salam. (tal/a/R)