PEMKAB TAKALAR TARGET UHC BPJS DI TAHUN 2018

TAKALAR – Dalam rangka pencapaian target Universal Health Converage (UHC) atau semua penduduk takalar terdaftar sebagai peserta BPJS), BPJS kab. Takalar kerjasama Pemkab Takalar selenggarakan Forum komunikasi kab. Takalar dengan Pemda Takalar di Ruang Rapat Pimpinan Lantai III kantor Bupati Takalar. Kamis, 18 Januari 2018. 
Rapat koordinasi yang berlangsung sehari tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Takalar H. Achmad Dg.Se’re,S.Sos dihadiri Sekda Takalar DR. Ir. H. Nirwan Nasrullah,M.Si, Asisten III Setda. Takalar H. Basri Sulaiman,SE.MM dan  beberapa Kepala dinas terkait yaitu Kadis kesehatan, kadis sosial, kadis kependudukan, kadis Balitbang, kepala BPKD, dan kabag. Kesra Setda. Kab. Takalar.
Wakil Bupati Takalar pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Pemda sangat mendukung dan mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini. Beliau mengatakan, Pemda akan memaksimalkan untuk meraih target  sehingga apa yang diharapkan dapat tercapai dan menghimbau kepada dinas terkait agar data kependudukan dapat valid dengan data dari BPJS.
Sekda Takalar mengawali forum komunikasi Kab. Takalar tahun 2018 dihadapan Wakil Bupati dan para peserta rapat menjelaskan bahwa forum ini dilaksanakan untuk membahas berbagai hal terkait dengan issu-issu yang terkait dengan BPJS. Lanjut dikatakan bahwa forum ini dilaksanakan Tiap triwulan untuk mengevaluasi perkembangan pelaksanaan BPJS di Takalar.
Diharapkan kab. Takalar  di 2018 bisa mencapai UHC karena sebagian besar BPJS masyarakat dibayarkan pemda Takalar dan sekarang sudah  tercapai 88%. Untuk mencapai target, Pemda Akan menyusun rencana aksi yg real dan ditambahkan bahwa yang  tidak kalah pentingnya bagaimana peningkatan pelayanan di bidang kesehatan. Diharapkan melalui forum ini lebih fokus untuk meraih UHC.
drg. Unting patri W P,MM.AAK selaku kepala BPJS Kesehatan KCU Makassar mengemukakan bahwa forum komunikasi ini dilakukan pertriwulan dilaksanakan membahas tentang perluasan peserta karena capaiannya sudah sangat baik karena sudah mencapai 88% dan hampir mencapai target yaitu 96%. Lanjut dijelaskan jika kab. Takalar mencapai target maka akan mendapatkan penghargaan UHC dimana rencananya penghargaan UHC akan diselenggarakan pada minggu pertama februari 2018 di istana negara presiden RI yang akan menghadirkan kepala daerah yang telah mencapai komitmen UHC di tahun 2018. Untuk itu BPJS KCU kesehatan KCU Makassar berharap data dari pusat selaras dengan data di indukcapil Takalar karena Takalar sudah hampir mencapai UHC.   (humas)