Pendaftaran Berakhir, Tes Akan Digelar di BKN

Tes Akan Digelar di BKNMAKASSAR – Pendaftaran lelang jabatan 11 posisi eselon II lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berakhir, Jumat (21/10). Pemkot Makassar dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait proses lelang jabatan.

Sekertaris BKD, Basri Rakhman menerangkan, MoU sesuai prosedur BKN dalam melakukan assessment kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Asesor akan melakukan assessment secara kelompok dan individu. Asesor menggunakan tes psikometrik. Metode ini merupakan bidang yang berkaitan dengan teori dan teknik dalam pengukuran pendidikan dan psikologis, mencakup pengukuran pengetahuan, kemampuan, sikap, dan sifat kepribadian. Bidang ini terutama mempelajari perbedaan antar individu dan antar kelompok.

Tes akan mencakup ujian tertulis dan wawancara untuk merekam kompetensi peserta yang sesuai tuntutan jabatan yang rencananya akan dihelar di kantor BKN Regional Makassar pada 24 Oktober mendatang.

Sembilan asesor atau tim penguji dari Pusat Penelitian Kompetensi Aparatur Sipil Negara (Puspenkom ASN) BKN akan terlibat dalam assessment. Waktu tes tergantung dari jumlah peserta. Sedwng jumlah pendaftar sebanyak 48 ASN. Basri mengaku, pihaknya masih memverifikasi berkas pendaftar. Hasil verifikasi direncanakan diumumkan pada 22 Oktober nanti. Peserta yang lolos verifikasi berkas akan mendapatkan kartu tes.

Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan, semua peserta memiliki peluang yang sama. Pelaksana tugas belum tentu definitif karena harus fair sesuai hasil lelang. ” Lelang jabatan sudah mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara. (ar/R)