Rumah Warga Hancur Tertimbun Longsor

MAMUJU – Meskipun tidak ada korban jiwa, namun insiden tanah longsor menghancurkan rumah warga.

Curah hujan tinggi di wilayah Mamuju Utara, Sulawesi Barat, menyebabkan longsor di lima lokasi sepanjang jalur Trans Sulawesi, Jumat (24/2/2017).

Rumah milik Kartoyo di Dusun Gunungsari, Desa Gunungsari, Kecamatan Pasangkayu, hancur tertimbun material longor berupa material batu dan lumpur.

Longsor tersebut membawa timbunan lumpur setebal 50 cm di dalam rumah maupun di pekarangan.

Bagian belakang serta bagian dinding rumah tertimbun longsor berupa lumpur dna bebatuan bercampir ranting kayu.

Pemilik rumah selamat karena segera berlari keluar rumah sebelum rumahnya terkena longsor. Namun, sejumlah barang dan perabotan berharga rusak tertimbun batu dan lumpur.

“Saya dan istri sempat lari kalang kabut begitu mendengar suara gemuruh, rupanya longsor. Untung saya dan istri sudah lari sebelum rumah ambruk tertimbun longsor,” ujar Kartoyo.

Anggota Babinkamtibmas Desa Gunungsari I Ketut Iswand mengatakan, ada lima tempat kejadian longsor di wilayahnya. Hal itu sempat mengakibatkan sejumlah ruas jalan tertutup material longsor.

Longsor juga mengakibatkan jalan penghubung antara Kabupaten Donggala dan Mamuju Utara terputus sementara waktu. Lalu lintas di jalan itu baru bisa dibuka berjam-jam setelah alat berat milik PT Pasangkayu diturunkan untuk memindahkan material longsor.

“Meski akses jalan sempat terputus beberapa jam, namun kini sudah bisa dilalui setelah sejumlah alat berat dikerahkan,” ujar Iswand.  (tal/R)