SK Ziarah ke Kubur Kakeknya di TMP Panaikang Makassar

MAKASSAR – Jelang hari Pahlawan Nasional, 11 November 2017, Syamsari Kitta bersama ibundanya dan keluarga besarnya ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang Makassar. Mereka berziarah ke makam kakeknya, DOLO yang wafat dieksekusi mati regu tembak pasukan Belanda.

Kakek dan keluarga besar dari Bupati Takalar Terpilih ini adalah anggota kelaskaran Lipang Bajeng yang dibentuk dan diketuai oleh Pahalawan Nasional Karaeng Polongbangkeng H. Padjonga Daeng Ngalle, sebuah kelaskaran yang menjadi cikal bakal terbentuknya LAPRIS ( Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi).

LAPRIS adalah organisasi perlawanan terhadap Penjajah yang dibentuk oleh 19 organisasi Pemuda se Sulawesi Selatan pada tanggal 17 Juli 1946 di Polongbangkeng, Takalar, Dimana Ranggong Daeng Romo terpilih sebagai Panglima dan Robert Wolter Monginsidi sebagai Sekjen, yang keduanya ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Selain mengunjungi makam kakeknya, H. Syamsari Kitta mengunjungi dan berdoa di Makam para pejuang Kemerdekaan dari Takalar yang juga anggota Laskar Lipang Bajeng yaitu Makam Kolonel (Purn) H. M. Yasin Limpo dan Makam Kolonel (Purn) H. Makkatang Daeng Sibali.

Alm. H. M. Yasin Limpo adalah Ayah dari Gubernur Sulawesi Selatan, DR H Syahrul Yasin Limpo, SH, MSi, MH yang pernah menjabat Bupati Gowa dan Maros serta Ketua Sekber Sulsel yang melahirkan Partai Golkar. Sementara H. Makkatang Daeng Sibali adalah adik dari Ranggong Daeng Romo dan Bupati Takalar 1965 – 1967.     (malo/cw)