Syamsari Optimis Berhasil Kembangkan Destinasi Wisata Berburu di Ko’mara

Bupati Terpilih, Syamsari Kitta (SK) melirik Taman Berburu ‘ Ranggong Daeng Romo ‘ di wilayah desa Ko’mara dan Barugaya, kecamatan Polongbangkeng Utara (Polut), kabupaten Takalar merupakan destinasi wisata bersejarah yang harus menjadi ikon kebanggaan Takalar.

TAKALAR –  “Harus Berhasil” begitu rada optimisme Bupati terpilih H. Syamsari Kitta terhadap ikon wisata berburu di Ko’mara. Kata dia, Taman Berburu ini bukan hanya sebatas wisata, tatapi wilayah ini memiliki sejarah dan budaya yang bisa menjadi referensi pembelajaran generasi berikutnya.

Syamsari Kitta menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan workshop intensifikasi pengelolaan Taman Berburu Komara melalui pelibatan masyarakat yang diselenggarakan oleh BKSDA Kementrian Kehutanaan yang menghadirkan Pemerintah Kabupaten Takalar yang diwakili oleh beberapa kadis, camat dan kepala desa, Dandim dan Polres Takalar serta tokoh masyarakat, akademisi dan LSM di hotel Harper Makassar.

Taman berburu Komara saat ini belum difungsikan dan dikelola dengan baik padahal taman berburu ini punya nilai sejarah dan dapat menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Takalar, karena itu semua pihak harus bergandengan tangan baik Pemerintah pusat, daerah, swasta dan masyarakat secara keseluruhan. “Taman Berburu Komara akan menciptakan multiplier effect bagi Takalar,” urai SK.

Taman ini akan menjadi Icon untuk Takalar, Sulsel dan bahkan ini yang pertama di Indonesia Timur. Karena itu tegas SK ‘harus berhasil.’ Alhamdulillah BKSDA telah memfasilitasi kita dari titik nol ini.

Pada pertemuan itu pula Syamsari Kitta mengusulkan nama untuk Taman Berburu Komara ini yaitu Taman Berburu Ranggong Daeng Romo. Mmengingat Ranggong Daeng Romo adalah salah seorang Pahlawan Nasional yang lahir di Polongbangkeng, lokasi taman berburu ini.

“Kita memiliki 2 Pahlawan Nasional yang terkenal dari Polongbangkeng yaitu Padjonga Dg Ngalle yang sudah diabadikan menjadi nama Rumah Sakit, karena itu untuk Taman berburu ini saya usul diberi Nama Taman Berburu Ranggong Daeng Romo” usul Syamsari Kitta.  (cw)