Tingkatkan Produksi Tanaman ‘PAJALE’ Lewat Program UPSUS

TAKALAR – Guna meningkatkan produktifitas Tanaman Pangan di Kab. Takalar, Pemerintah berupaya maksimal mencarikan solusinya, salah satunya lewat tanaman pangan padi, jagung dan kedelai (Pajale) yang dikemas kedalam program Upaya Khusus (Upsus).

Ketua Panitia H. M. Najib Kasim melaporkan, tujuan dari pertemuan ini untuk meningkatkan Produksi dan produktivitas menuju cita-cita kedaulatan pangan. Kesemuanya itu bisa tercapai dengan kerjasama antara Dinas Pertanian dengan instansi terkait pendukung Upsus Pajale dengan para Kelompok Tani. Dilaporkan juga, produksi Padi di tahun 2017 seluas 25.140 ha, Jagung 9.742 ha. Dan kedelai seluas 316 ha.
Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt, MM saat membuka Program Upsus mengatakan, Pemerintah Daerah mengupayakan agar Kab. Takalar menjadi daerah unggulan di Prov Sulsel khusunya di Bidang Pertanian,Perikanan dan Peternakan. Dengan koordinasi yang baik perusahan daerah bisa bangkit dan dapat menyambungkan pemda dengan para pengusaha sehingga tahun ini, lahan tidur bisa dikurangi bahkan tahun depan tidak ada lagi lahan tidur.
Ini merupakan prestasi yang harus dikejar dan hasilnya nanti bisa di pergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dengan menanam produk sesuai dengan permintaan pasar. Dan Untuk mencapai swasembada harus di mulai dari Desa karena potensi Daerah semua ada di desa. Bupati menambahkan Dengan team work yang bagus upaya meningkatkan kualitas pajale dan lahan tidur dapat diatasi.
“Kedepannya tidak ada lagi mafia-mafia Alsintan dan harus di bentuk Brigade Alsinta,” imbuhnya.  (cw)