Toraja FAMTRIP Target Segmentasi Wisman

TORAJA – Segementasi famptrip kata Komisi Pemasaran Toraja Destination Managemen Organization (DEMO), Yohan Tangke Salu merupakan travel agen yang punya saving kuat di atas 35 tahun. Hal itu dikemukakan di konferensi pers, Toraja Familiarization Trip (famtrip) 2017 akan dihelat 25-29 April dan menargetkan segmentasi wisatawan mancanegara (wisman) umur 35 tahun ke atas.

Menurut Yohan, wisatawan di atas 35 tahun memilki persiapan yang kuat, baik dari sisi finansial maupun kekuatan mereka mengeksplore wisata Toraja dalam bentuk promosi. Karena itu, fam trip Toraja 2017 ini akan memggambarkan secara utuh paket wisata Toraja kepada operator tur dan media. Sehingga operator tur dapat mempromosikan (endorse) paket wisata Toraja di website mereka.

Dari 100 lebih pendaftar, pelaksanan hanya memilih 12 opertor tur dari China, Inggris, Singapura, dan Indonesia. Para peserta itu dinilai memenuhi kualifikasi untuk mendatangkan Wisman ke Toraja. 12 peserta ini akan menikmati keindahan wisata andalan Toraja. Di antaranya Tampang Allo, Kambira, Buntu Burake, Kalimbung Bori’, Palawa’, Sa’dan To Barana, Batutumonga.

Wisata Toraja lainnya adalah Sesean Suloara, Ke’te Kesu’, Karassik Hils, Coffee Tour Sulotco dan negeri di atas awan Lolai.

Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah Sulsel Andi Jauhar Jaury berharap, fam trip Toraja 2017 ini dapat memberikan multiplayer effect pada daerah lain. Sebab, hadirnya paket wisata merupakan salah satu indikator peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Andi Jauhar Jaury mengatakan exibition merupakan salah satu bentuk promosi wisata yang baik. Menurutnya, fam trip Toraja 2017 ini adalah tempat berkumpulnya orang-orang tang mempunyai kekuatan mendatangkan lebih banyak Wisman ke Toraja.

“Expo itu adalah memperkenalkan prodak kita, dan menggiring orang-orang relevan itu datang dan berkunjung ke tempat wisata,” kata Andi Jauhar Jaury.  (titus/R)