‘Vettel Memegang Kunci di Bursa Pebalap’

Kontrak Sebastian Vettel bersama Ferrari akan segera habis. Keputusan yang akan diambil Vettel soal masa depannya diyakini akan memengaruhi bursa pebalap.

Kontrak Vettel di Ferrari akan berakhir di penghujung musim 2017 ini. Kabarnya, pebalap asal Jerman itu sudah ditawari kontrak senilai Rp 1,8 triliun untuk bertahan bersama tim ‘Kuda Jingkrak’ selama tiga tahun lagi.

Namun Vettel kabarnya hanya menginginkan kontrak selama satu tahun. Dengan tambahan kontrak satu tahun, Vettel bisa membuka peluang untuk pindah ke Mercedes pada 2019 saat kontrak Lewis Hamilton habis.

Bos Red Bull Christian Horner menilai situasi Vettel akan berpengaruh terhadap bursa pebalap. Para pebalap lainnya diyakini akan memantau situasi di Ferrari sebelum berkomitmen terhadap tim lain.

“Saya rasa Sebastian mungkin memegang kunci di bursa pebalap saat ini,” ujar Horner seperti dilansir Planet F1.

Meski demikian, Horner menyebut Red Bull tak akan terpengaruh perpindahan pebalap. Red Bull tak akan melakukan perubahan dalam line-up pebalapnya dengan mempertahankan Daniel Ricciardo dan Max Verstappen.

“Tentu tidak akan ada perubahan line up pebalap di Red Bull Racing. Mereka sudah terkunci dan tidak ada harga yang akan cukup untuk keduanya,” ucapnya.

Kontrak Ricciardo sendiri bersama Red Bull akan habis pada 2019 mendatang. Horner menyebut Red Bull akan segera membicarakan perpanjangan kontrak untuk pebalap asal Australia itu.

“2019 masih lama. Daniel kontraknya akan habis. Dia akan menuntaskan tahun kelima dalam kontraknya bersama kami, dan saya yakin kami akan segera mulai bicara dengan Daniel untuk 2019 dan seterusnya,” kata Horner.
(nds/nds)