Wakil Ketua DPR Minta Timnas Tebus Kekalahan di Asian Games

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengomentari kekalahan Tim Nasional (Timnas) Indonesia saat bertanding melawan tim nasional Thailand. Menurut dia, perjuangan timnas Indonesia patut diapresiasi setinggi-tingginya.

“Meski hasil akhir dari kompetisi AFF 2016 kali ini tidak memosisikan kita sebagai kampiun, namun semangat dan kegigihan perjuangan timnas Indonesia, telah mereka tunjukkan,” kata Taufik saat dihubungi pada Minggu 18 Desember 2016.

Menurutnya, apa pun hasil yang dicapai Timnas Indonesia, layak dianggap terbaik di dunia. Semangat juang, keahlian, dan kekompakan tim serta seluruh bagian timnas, dinilai sudah sangat baik.

“Namun memang perlu dilatih, latih, dan latih lagi agar semakin baik, sehingga siap dalam menghadapi kompetisi berikutnya. Tentu saja di balik kekalahan selalu tersimpan kesedihan dan kekecewaan. Namun, bukan berarti kita berputus asa,” kata politikus PAN ini.

Ia menilai, hasil kekalahan timnas di final adalah pecut semangat sepakbola dalam negeri, agar semakin memacu kreativitas dalam mengembangkan olahraga.

“Kita harus menunjukkan bahwa sepakbola di Tanah Air mampu berkembang dan berbicara di pentas internasional. Sebentar lagi kita menghadapi Asian Games 2018, kita balas di situ, sedikit provokasi tak apa-apa ya, tolong dimaknai sebagai penyemangat,” katanya.

Ia melanjutkan, Timnas Indonesia punya waktu yang cukup luang dan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, misalnya membina kekuatan, memproduksi bibit-bibit baru serta mendesain strategi pengembangan yang komprehensif.

“Sepakbola bukan sekadar olahraga yang dikompetisi dan dipertandingkan. Sepakbola bahkan lebih dari itu, mampu menyatukan perbedaan, mengokohkan kebersamaan dan menjalin persatuan dan kesatuan. Di balik kompetisi selalu ada dukungan yang mengomunikasikan kita satu sama lain atas nama sepakbola,” kata Taufik.

Sebelumnya, Timnas Indonesia kalah dari Thailand 0-2 dalam laga final leg kedua Piala AFF 2016 yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok pada Sabtu, 17 Desember 2016 WIB. Secara agregat Thailand unggul 3-2 atas Indonesia.