Warga Trans Tanakeke Ditelantarkan Hingga Pingsan

nampak warga trans dengan tenang mengikuti pertemuan

Sebanyak 5 Kepala Keluarga (KK) warga Transmigrasi Pulau Tanakeke, kecamatan Mappakasunggu (Mapsu), kabupaten Takalar masih bertahan hidup meskipun nasibnya tidak menentu. Merekapun dibuat pingsan saat mengadukan nasibnya di kantor Dinas Koperasi, UKM, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi kabupaten Takalar. 

warga trans yang pingsan karena dibentak oknum pegawai Dinas

TAKALAR – Hal mengejutkan dan sempat menghebohkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Padjonga Dg Ngalle saat korban warga transmigrasi, Ayu (35) diantar ke rumkit sekitar pukul 11.30 wita Rabu tadi. Korban pingsan akibat perlakuan pelayanan yang tidak bersahabat dari pihak Dinas Transmigrasi. “Mereka datang jauh-jauh dari pulau Tanakeke untuk mencari tahu haknya yang selama 16 bulan tidak diberikan,” ujar warga yang mengantar korban, Zainuddin Dg Nakku.

korban trans, Ayu (35) di Rumkit

Kedatang kelima KK ini di kantor Dinas Transmigrasi tidak disambut baik pihak dinas karena dibentak-bentak. Adu argumenpun terjadi hingga insiden yang mengakibatkan salah seorang dari warga pinsan karena tak sanggup menanggung beban.

Sekedar disampaikan, jauh sebelumnya warga trans yang masih bertahan ini terpaksa tinggal meskipun hak mereka tidak pernah didapatkan. Bahkan pihak Trans terkesan tidak peduli dan tidak mengurusinya lagi.  “Kami datang untuk mempertanyakan kelangsung hidup kami di pulau Tanakeke yang selama ini dijanjikan pihak pemerintah,” ungkap warga polos.  (cw/r)