3 Jam Mengemis, Kakek ini Kantongi Ratusan Ribu

Petugas Dinas Sosial Jakarta Timur menjangkau seorang kakek yang mengemis di Cibubur, Jakarta Timur. Pengemis bernama Tarmidi (67) itu sudah mengantongi uang ratusan ribu rupiah selama tiga jam beroperasi.

“Pengemis tersebut beroperasi dari pukul 18.00- 21.00 WIB sudah memperoleh hasil Rp 280 ribu,” ujar Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Jakarta Timur Haryanto dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (28/5/2017).

Pengemis yang beralamat tinggal sementara di Pancoranmas, Depok itu dijangkau di depan sebuah minimarket.

Rangkaian peristiwa penyelamatan PMKS klasifikasi pengemis ini berawal dari TRC P3S dan Satgas P3S Posko PGC di TMII dan Pasar Rebo yang menindaklanjuti laporan masyarakat. Pengemis lansia itu ditemukan di depan minimarket dengan identitas tercantum atas nama Tarmidi berusia 67 tahun.

Tarmidi dirujuk ke Panti Sosial untuk mendapatkan pembinaan. Tarmidi berpeci dan berbaju hitam serta membawa kantong keresek warna hitam saat diamankan petugas.

Pria lansia itu bahkan sempat menyogok petugas dengan uangnya agar dibebaskan petugas. “Akan tetapi, petugas tidak terpengaruh dan tetap membawanya ke panti sosial,” ujar Haryanto.

Tarmidi mengaku sudah lama mengemis dan menjadikan sebagai mata pencahariannya. Saat ini dia diamankan di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur.

Selain Tarmidi, petugas TRC P3S dan perugas P3S Sudinsos Posko PGC, TMII dan Pasar Rebo, Jakarta Timur mengamankan 12 orang lainnya. Dari 12 orang tersebut adalah pengemis, gelandangan, pengamen badut, lansia terlantar dan ODMK (Orang Dengan Masalah Kejiwaan).    (mei/dnu)