47 dari 200 Kapal Nelayan Terealisasi

MAKASSAR – Janji Kementerian Kelautan dan Perikanan terhadap nelayan di Sulawesi Selatan sebanyak 200 kapal nelayan, baru 47 kapal yang direalisasikan. Kementerian tahun 2016 menargetkan pengadaan kapal bagi Menteri KKP, Susi Pudjiastuti yang bisa diverifikasi lengkap hanya 111. Dari 111 kapal jatah kapal yang disetujui, hanya 47 kapal yang sampai saat ini didapatkan.

Kendalanya, ada di pihak ketiga selaku pihak yang ditunjuk untuk pengadaan kapal.”Pihak ketiga tidak mampu menyelesaikan kontraknya. Jadi, target pengadaan kapal tahun 2016 tidak tercapai. Ini masalah di pusat, bukan di provinsi (Dinas KKP Sulsel),” jelasnya.

Sebelumya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di hadapan Presiden Joko Widodo di Pelabuhan Perikanan Untia, Kecamatan Biringkanaya, berjanji akan merampungkan pembagian kapal nelayan sebanyak 1.790 unit pada tahun 2016.

Susi Pudjiastuti mengatakan, dari 1.790 kapal Sulawesi Selatan mendapat jatah 200 kapal. Menurut Susi, jumlah kapal yang didapatkan Provinsi Sulsel lebih banyak dari daerah lainnya dan jumlah ini hampir sama dengan nelayan dari Provinsi Gorontalo. (ar/R)