500 Ribu Benih Ikan Penuhi Sungai dan Persawahan Tana Toraja

Kepalah Dines Ketahan Pangan, Ir. Rante Limbong

Luar biasa dan patut di jempol upaya yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) memelihara lingkungan, menjaga kebersihan sungai dan memanfaatkan lahan persawahan yang ujungnya untuk kesejahteraan masyarakat.

MAKALE – Kepalah Dines Ketahan Pangan, Ir. Rante Limbong menyatakan kalau bibit ikan yang sudah ditabur sudah sebanyak 500 ribu ekor.  Peruntukannya jelas, untuk membantu masyarakat sekaligus menjadi kotivasi untuk melakukan yang terbaik buat lingkungannya.
Program ini dibiayai APBD sebesar Rp750 juta untuk penyebaran bibit di alam bebas yakni sungai dan persawahan. Itu dilakukan sebagai ajakan kepada masyarakat untuk bersama-sama memelihara dan menjaganya hingga besar dan bisa di konsumsi dan bernilai jual.
Nampak Kajari Tana Toraja sedang melepas benih ikan di sungai

Bupti Tana Toraja, Nicodemus Biringkanaya mengajak masyarakat melakukan pengawasan perairan umum dan lingkungan. Tabur benih ikan ini merupakan sinergitas dari program peningkatan kesejahteraan rakyat.  “Kalau ada warga yang punya bibit ikan, kita beli. Dan kalau yang berniat budidaya, kita kasih induknya,” imbuh Bupati dengan harapan masyarakat nantinya bisa ambil ikan di sungai asal dengan cara yang baik .

Ketua DPRD, Welem Sambolangi, jangan sampai lebih banyak di sungai di banding di sawah. dan kita harapkan agar lebih banyak dipersawahan karena pengawasanya jelas dan lokasinya juga jelas. “Program ini bagus, selain motivasi buat warga juga hasilnya untuk rakyat juga,” tuturnya.
Kata Welem, program ini juga secara tidak langsung mengajak semua komponen masyarakat untuk berpartisipasi mensukseskan dan mengembangkan potensi yang ada di Tana Toraja.   (Andarias)