95 Penumpang Kapal DK Terjebak di Laut Bajoe

BONE – Sekitar 95 orang penumpang Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Dharma Kartika dari Pelabuhan Bajoe menuju Pelabuhan Kolaka terjebak di Teluk Bone sekitar 2 mil dari pelabuhan Bajoe, Minggu (19/2/17). Hingga saat ini, belum diketahui pasti apa penyebab kandasnya KMP Dharma Kartika. Karena evakuasi masih terus dilakukan oleh Basarnas dan Pol Air Polres Bone.
Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun banyak penumpang yang pingsan lantaran syok karena terjebak di tengah laut.

Kepala Syahbandar Bone Arifuddin yang ditemui di Pelabuhan Bajoe mengatakan, saat ini pihaknya mengutamakan keselamatan penumpang. “Kita lebih mengutamakan keselamatan penumpang, saat ini kita sementara mengevakuasi penumpang dari kapal ke Pelabuhan Bajoe,” kata Arifuddin.
Sementara, kepala Basarnas Bone Andi Sultan menggerakkan seluruh personil untuk melakukan evakuasi dan dibantu oleh Pol air, BPBD dan pihak Syahbandar

“Kami terjunkan 16 personil dan dibantu oleh seluruh pihak pelabuhan untuk mengevakuasi penumpang,” kata Andi Sultan.

Salah satu penumpang, Mansur (51)yang ditemui mengatakan, dirinya sempat syok ketika tiba-tiba kapal berhenti mendadak karena kandas, yang di lansir akun Whatsapp Ayacell71.

“Kapal berangkat dari pelabuhan sekitar pukul 18.00 sekitar 40 menit kapal langsung berhenti karena kandas,” kata penumpang yang hendak ke Kendari ini.

Sementara, manajer KMP Dharma Kartika, Sulistiono yang ditemui saat proses evakuasi mengatakan, tak ada yang menyangka kapal akan kandas.

“Saat ini penumpang tidak diberangkatkan sampai ada instruksi dari Syahbandar. Sedangkan kapal baru akan di evakuasi besok ketika air sudah pasang dengan mendereknya dengan kapal yang sandar di pelabuhan,” ujarnya. (malo)