Agen BPNT – PKH Lolos Cakades di Topejawa

MARBO – Seleksi balon kepala desa (Balon Kades) kini jadi perbincangan dengan beragam asumsi yang tidak mengacu di aturan main proses seleksi, salah satunya di Desa Topejawa, Kecamatan Mangarbombang (Marbo).

Di Desa tersebut, Panitia Pilkades (P2KD) meloloskan salah seorang balon kades menjadi calon kepala desa (cakades) setelah melewati proses seleksi yang menurut panitia sudah sesuai procedural meskipun katanya merupakan agen PKH atau BPNT.

Adalah Arman Siantang oleh P2KD setempat telah menetapkan sebagai calon kepala Desa Topejawa dengan nomor  Urut 2.  

“Kami minta Kepala Dinas Sosial dan PMD tidak lagi memberikan ruang penyaluran sementara hingga plkades usai,” pinta warga yang merupakan salah satu tim pemenang salah satu kandidat di Topejawa.

 Sekedar diketahui, Cakades Arman Siantang, seharusnya memiliki rekomendasi izin cuti dari pejabat atau pimpinannya sesuai surat keputusan P2KD kabupaten yang tertera di poin no (30), Ketentuan bagi pendamping BPNT dan PKH dan sebagainya, serta karyawan BUMN, BUMD yang mencalonkan diri sebagai kepala desa selain ketentuan persyaratan sebagaimana yang tertuang dalam pasal 27 peraturan Bupati Takalar nomor 19 tahun 2021, maka yang bersangkutan dipersyaratkan memiliki surat Rekomendasi izin dari  pimpinan atau pimpinan yang berwewenang.

Namun Ketua P2KD, Anti menegaskan kalau tidak mesti ada surat rekomendasi, karena Arman Siantang bukan pendamping. “Pendamping itu di SK kan  oleh dinas sosial atau kementrian sosial dan Agen itu kerjasama dengan bank, jadi itdak ada kaitannya,” jelas Anti via cellular.   (cw)