Atletico Berimbang dengan Deportivo 1-1

La Coruna – Satu angka didapat Atletico Madrid dari lawatannya ke Deportivo La Coruna. Tertinggal lebih dulu, Atletico lalu mencetak gol balasan untuk menyudahi laga 1-1.

Hasil ini tidak mengubah posisi Atletico di papan klasemen. Los Rojiblancos tetap menempati posisi keempat dengan perolehan 46 poin hasil 25 pertandingan, berjarak 12 poin dari Barcelona di urutan teratas dan unggul satu angka dari Real Sociedad di bawahnya.

Sementara itu, Deportivo berada di urutan 17 klasemen dengan 20 poin, unggul satu poin dari Granada di zona degradasi dan masih memiliki satu pertandingan sisa.

Pada pertandingan di Stadion Riazor, Jumat (3/3/2017) dinihari WIB, Atletico lebih banyak menguasai bola dengan perbandingan 56:44. Tim besutan Diego Simeone itu tercatat menciptakan 10 percobaan (4 mengarah ke gawang), sedangkan Deportivo membuat 13 percobaan (2 mengarah ke gawang).

Tim tuan rumah membuka skor pertandingan di menit 13 melalui Florin Andone, yang diawali dari kesalahan pemain lawan. Baru di babak kedua Atletico bisa mencetak gol balasan berkat Antoine Griezmann.

Jalannya Pertandingan

Atletico menciptakan peluang di menit kelima. Dari akselerasi Kevin Gameiro di kiri pertahanan Deportivo, Angel Correa mengirim umpan silang kepada Antoine Griezmann. Namun, Griezmann tak mampu mengendalikan bola sehingga hanya menjadikan tendangan gawang.

Deportivo ketiban untung. Di menit 13, Florin Andone menjebol gawang Atletico untuk membawa Deportivo memimpin 1-0.

Gol itu tercipta setelah kiper Jan Oblak melakukan kesalahan fatal. Tendangan gawangnya justru mengarah tepat ke jalur Andone sehingga membuat situasi satu lawan satu sebelum melepaskan tembakan mendatar ke sudut bawah gawang.

Setelah mencetak gol pembuka, Deportivo kian agresif sehingga membuat Atletico kesulitan menciptakan peluang. Baru di menit 38, Atletico merepotkan tim tuan rumah saat sebuah umpan silang jatuh di area kosong kotak depan gawang sebelum dibuang.

Dua menit kemudian, Deportivo mengklaim penalti setelah Diego Godin disebut melakukan hand ball saat bertarung dengan Andone. Tapi wasit tidak tertarik, pertandingan pun berlanjut.

Deportivo meneruskan tekanannya. Dalam serangan balik, Gimenez dan Oblak sama-sama mengadang laju Andone. Sebelum diselesaikan, Gimenez membuat intersepsi penting untuk mengamankan bola.

Beberapa saat sebelum jeda, Atletico kembali menerima gempuran serangan Deportivo. Pedro Mosquera melepaskan tembakan gunting ke arah gawang Atletico yang memaksa Oblak melakukan penyelamatan gemilang.

Situasi serupa masih dialami Atletico di awal babak kedua. Namun, pergantian pemain yang dilakukan Atletico terbukti membuahkan hasil.

Atletico akhirnya menciptakan gol balasan melalui Griezmann di menit 68. Di luar kotak penalti, Griezmann melakukan kerjasama satu-dua dengan Yannick Carrasco yang diakhiri dengan tendangan kaki kanan melengkung tanpa bisa dihentikan Lux. Skor kini 1-1.

Deportivo merespons di menit 73. Thomas Partey melakukan blok krusial untuk menggagalkan percobaan Deportivo yang berpotensi menjadi gol.

Tujuh menit kemudian, Atletico nyaris berbalik unggul. Kesalahan lini belakang Deportivo menyebabkan bola jatuh di jalur Fernando Torres di dalam kotak penalti, untuk diteruskan dengan sepakan ke tiang jauh tapi Lux mampu menepisnya dengan satu tangan.

Memasuki lima menit terakhir, Atletico mesti bermain dengan 10 orang. Torres bertabrakan dengan pemain lawan di bagian kepalanya sebelum jatuh tak sadarkan diri.

Kedua tim sama-sama masih mengejar kemenangan di sisa waktu. Tapi tidak ada gol lain yang terlahir sehingga skor 1-1 bertahan sampai laga bubar.  (*)