Atletico Hantam Leverkusen 4-2

Leverkusen – Atletico Madrid membawa pulang kemenangan dari markas Bayer Leverkusen. Ada enam gol tercipta dengan Atletico menang 4-2 atas tuan rumah.

Pada laga leg pertama Babak 16 Besar Liga Champions yang dihelat di Bay Arena, Rabu (22/2/2017) dinihari WIB, Atletico sebenarnya cuma menguasai 38 persen ball possesion dan membuat 11 attempts.

Namun, dari 11 attempts itu ada tujuh yang mengarah ke sasaran dan empat berujung gol-gol Saul Niguez, Antoine Griezmann, Kevin Gameiro, dan Fernando Torres.

Sementara Leverkusen punya 14 attempts tapi cuma empat yang tepat sasaran. Gol-gol tuan rumah dibuat Karim Bellarabi dan bunuh diri Stefan Savic.

Kemenangan 4-2 ini memudahkan langkah Atletico ke perempatfinal karena leg kedua dihelat di Vicente Calderon tiga pekan mendatang.

Jalannya Pertandingan

Atletico menurunkan duet Antoine Griezmann dan Kevin Gameiro di lini depan. Gameiro dipasang usai penampilan cemerlang akhir pekan lalu lewat hat-trick ke gawang Eibar.

Sementara Jan Oblak sendiri cuma duduk di bangku cadangan setelah pulih dari cedera dislokasi bahu.

Leverkusen memainkan pesepakbola 17 tahun Kai Havertz yang merupakan laga debutnya di Liga Champions.

Atletico bermain agresif sejak menit pertama dan tak memberikan kesempatan Leverkusen mengembangkan permainan. Hasilnya pada menit ke-17 Saul membuka keunggulan timnya lewat sebuah gol cantik.

Menggiring bola dari sisi kanan penyerangan Atletico, Saul mengecoh satu pemain dan saat memasuki kotak penalti dia melepaskan bola dengan kaki kirinya ke tiang jauh gawang Bernd Leno.

Atletico lantas menggandakan keunggulan pada menit ke-25 lewat gol Griezmann hasil kerja keras Gameiro yang menggiring bola dari lini tengah memaksimalkan kesalahan Aleksandar Dragovic.

Sesudah mencapai kotak penalti, Gameiro yang dikawal dua pemain lawan mengumpan kepada Griezmann yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang.

Di menit ke-34 Griezmann nyaris mencetak gol kedua andaikan Leno tak menepis sepakannya dari jarak dekat.

Skor 2-0 untuk keunggulan Atletico bertahan hingga turun minum.

Leverkusen bisa memperkecil ketertinggalan ketika babak kedua berjalan tiga menit. Umpan silang Benjamin Henrichs disambut sontekan Bellarabi yang menjebol jala Miguel Angel Moya.

Gameiro lantas mendapat kans menjauhkan lagi keunggulan Atletico pada menit ke-50 tapi bola sepakannya gagal jadi gol setelah membentur tiang dan mistar gawang.

Keunggulan Atletico bertambah pada menit ke-58 usai wasit menghadiahi penalti menyusul pelanggaran Dragovic kepada Gameiro. Keputusan ini sempat diprotes pemain Leverkusen karena terjadi di luar kotak penalti.

Tapi wasit bergeming dan Gameiro menendang sekencang-kencangnya bola ke arah tengah untuk bikin skor jadi 3-1.

Leverkusen memperkecil ketertinggalan jadi 2-3 lewat bunuh diri Savic pada menit ke-67 ketika bola sapuan Moya malah mengenai lutut bek Atletico itu.

Kemenangan Atletico dimantapkan gol Torres pada menit ke-86. Masuk sebagai pemain pengganti, Torres menanduk bola crossing Sime Vrsjalko ke gawang Leno dan mengubah skor jadi 4-2.

Gol Torres jadi gol terakhir di laga ini yang memudahkan langkah Atletico ke perempatfinal karena leg kedua akan dihelat di Vicente Calderon.  (*)