Bantuan Combine di Distan Masih Tak Jelas Penerimanya

Bantuan 10 unit mobil panen (Combine) yang dibagikan Dinas Pertanian ke kelompok tani di sekiitar kawasan KIMA Makassar hingga kini belum diketahui kelompok penerimanya. Bantuan dari aspirasi Hamka B Kadi 3 unit dengan Tita YL 2 unit serta 5 unit dari Kementerian Pertanian terkesan dirahasiakan.

Kepala Dinas Pertanian kabupaten Takalar, HM. Nadjib Kasim

TAKALAR – Adanya ketidak-beresan dalam sistim penyaluran bantuan di lingkup Distan kian diperjelas dengan tidak transparannya pihak Dinas Pertanian. Kepala Dinas Pertanian (Kadistan), HM. Nadjib Kasim yang disebut-sebut mengatur langsung penyaluran tak pernah angkat bicara. Dia lebih memilih diam dan menghindar ketimbang memberikan penjelasan siapa penerima manfaat dari bantuan tersebut.

Begitu juga orang kepercayaan Kadistan yang belakangan diketahui adalah Ketua KTNA kabupaten Takalar, juga enggan berkomunikasi dengan jurnalis. Itu artinya, ada sesuatu yang disembunyikan dibalik penyaluran bantuan secara menyeluruh yang ada di Distan.

Bahkan belakangan dikabarkan, pihak Distan melalui Ketua KTNA telah melakukan pendekatan personal kebeberapa komunitas yang dianggapnya membahayakan. “Maaf, kami tak bisa menyebutkan siapa saja yang sudah didekati dan dianggap aman,” ungkap salah seorang staf dalam lingkup Distan.

Dia (staf Distan) mengaku hanya menjalankan perintah saja untuk mengikuti semua proses meskipun katanya sangat bertentangan dengan keinginannya. “Kami ini hanya bawahan yang wajib patuhi perintah atasan. Benar, bantuan 10 unit Combine dibagikan habis di Makassar,” akunya di redaksi trialief.   (cw/r)