Beberapa Nama yang Kontraknya Akan Habis Akhir Musim Ini

Bosman sendiri merasa bahwa peraturan tersebut memberikan manfaat secara materi dan mental.

“Yang saya lakukan bukan hanya untuk saya. Tapi juga untuk banyak orang. Saya pun bangga pada diri saya mengenai peraturan tersebut. Karena saya pikir orang-orang masih akan berbicara mengenai peraturan ini di tahun-tahun yang akan datang. Mungkin saya hanya ingin mereka berpikir untuk berterima kasih pada saya,” jelas Bosman.

Walau demikian, aturan Bosman ini tidak serta merta disukai oleh banyak pihak, terutama oleh kesebelasan-kesebelasan kecil. Dengan kesulitan finansial, kesebelasan-kesebelasan tersebut dapat kesulitan untuk menahan para pemain berbakatnya karena tak sanggup membayar mereka dengan kontrak jangka panjang dan gaji yang terbilang tinggi. Maka tak heran ada banyak sekali kasus kesebelasan kecil yang menjual pemain berbakatnya dengan harga rendah, atau melepasnya secara percuma.

Di jendela transfer musim dingin ini, kita bisa melihat drama yang akan terjadi dari penerapan aturan Bosman ini. Beberapa pemain yang sudah disebutkan di atas, antara akan mendapatkan kontrak baru atau bisa pindah dengan nilai transfer cuma-cuma di akhir musim nanti.

Sehingga mungkin, akan ada beberapa nama yang dijual di jendela transfer musim dingin kali ini untuk menghindari pemain yang bersangkutan pergi dengan gratis di musim panas 2017.

(krs/krs)