‘Berprestasi’ Mahasiswi Cantik Ini Terpilih Pilmapres 2017

MAKASSAR – Tercatat, 17 finalis dari 143 mahasiswa berprestasi dari berbagai PTN dan Kopertis pada pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional tahun 2017, salah satunya Iin Fadhilah Utami Tamsasse.

Mahasiswi fakultas kedokteran UNHAS angkatan 2014 ini ikut seleksi Pilmapres yang merupakan ajang pemilihan prestisius. Mahasiswa berprestasi diseleksi dari tingkat paling bawah, yaitu Program Studi (Prodi), fakultas, dan universitas.

Untuk Perguruan Tinggi Negeri, calon terbaik dari setiap universitas langsung diseleksi ke tingkat nasional. Sementara untuk Perguruan Tinggi Negeri Swasta, calon terbaik dari setiap universitas dikirim terlebih dahulu ke Kopertis untuk diseleksi sesuai jumlah kuota.

Direktur Minat, Bakat, Penalaran, dan Informasi Kemahasiswaan Unhas, Prof. Dr. Supratman, S.Hut, MP mengatakan, dalam beberapa tahun ini, Unhas memang memfokuskan diri mengembangkan prestasi kemahasiswaan di level nasional maupun internasional.

Iin sendiri menyusun karya tulis berjudul: “Antiseptik Hidung Sebagai Inovasi Pencegahan Infeksi Pernapasan di Indonesia”.  Topik ini dia pilih didasari oleh fakta bahwa infeksi pernapasan merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi di seluruh dunia.  Iin menawarkan inovasi pencegahan penyakit ini dengan “nose sanitizer”. (ar/R)