Bupati Nicodemus Tegur Dua Kepala Puskesmas

Nampak Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanaya saat sidak di Puskesmas

MAKALE – Keseriusan Pemkab Tana Toraja mendisiplikan pegawai negeri sipil (PNS) tidak sebatas wacana, tetapi aksen lapangan dilakoninya dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa kantor maupun UPTD. Dua kantor yang didatanganinya yakni Puskesmas Gettengan di kecamatan Mangkendek dan Puskesmas Buntu Limbong di kecamatan Gandang Batu Silana.

Dikedua Pusat Kesehatan Masyarakat ini, Bupati tidak mendapati Kepala Puskesmas (Kapus) berada di tempat kerjanya. Padahal kata Bupati, Puskesmas merupakan unit layanan yang tidak boleh kosong karena bersentuhan langsung kebutuhan kesehatan masyarakat. “Kasihan masyarakat kalau pegawai kesehatan selaku pelayan tidak berada di tempat saat jam kerja,” ujar Bupati Nico dengan senyum kecutnya.

Meskipun tidak menampakkan rasa kesalnya, rona muka Bupati memberikan sinyal kehampaan dan kekecewaan mendalam terhadap ulah pejabatnya.

Didepan beberapa perawat yang bertugas di dua Puskesmas, Bupati Nicodemus Biringkanaya meminta kepada para perawat untuk menyampaikan salamnya ke masing-masing bepala Puskesmas. “Salam buat Kapusmu,” pungkasnya.  (andarias)