Burkina Faso Sabet Posisi Tiga Usai Kalahkan Ghana

Port Gentil – Burkina Faso berhasil menyabet posisi tiga Piala Afrika 2017 usai mengalahkan Ghana dengan skor 1-0 dalam duel perebutan posisi tersebut.

Pertandingan di Stade de Port-Gentil, Minggu (5/2/2017) dinihari WIB, cuma menghadirkan satu gol yang juga lahir di menit-menit akhir.

Dengan pertandingan tampaknya akan berakhir tanpa gol di waktu normal, Burkina Faso mendapatkan tendangan bebas di menit ke-89. Alain Traore mengambilnya dan dengan jitu menaklukkan kiper Richard Ofori.

Di menit injury time, Ghana sebenarnya memiliki peluang lewat untuk menyamakan melalui Daniel Amartey. Tapi bola hasil sundulannya masih melebar dari sasaran.

Dengan hasil itu maka Burkina Faso, yang di semifinal lalu kalah adu penalti 4-3 dari Mesir, berhak atas posisi ketiga. Sedangkan Ghana yang di babak empat besar tunduk 0-2 dari Kamerun, harus puas berada di posisi empat.

Untuk Burkina Faso, satu-satunya tim semifinalis kali ini yang belum pernah menjuarai Piala Afrika, hasil tersebut cukup menjadi pengobat kegagalan lolos dari fase grup dua tahun lalu. Namun, posisi tiga masih belum menyamai pencapaian terbaik The Stallions yang pernah jadi runner-up pada tahun 2013.

Sementara buat Ghana, yang pernah empat kali juara Piala Afrika, posisi empat ini menyamai pencapaian mereka pada tahun 1996, 2012, dan 2013. Sedangkan dua tahun lalu Black Stars mampu menjadi runner-up.

Final Piala Afrika tahun ini akan menghadapkan Mesir dengan Kamerun di Stade de l’Amitié, Senin (6/2) dinihari WIB besok.

Susunan pemain

Burkina Faso: Koffi, Dayo, B. Kone, Y. Coulibaly (Patrick Malo 83′), Yago, Alain Traore, I. Toure, Kabore (Adama Guira 88′), B. Traore, Nakoulma, Bance (Cyrille Bayala 73′).

Ghana: R. Ofori, Afful, J. Mensah, Amartey, E. Ofori, Agyemang-Badu, Partey, Yiadom, Tekpetey (André Ayew Pelé 70′), J. Ayew (Christian Atsu 75′), Tetteh (Asamoah Gyan 65′).
(krs/mrp)