Demo Anarkis Berdampak Kerugian Masyarakat

MAKASSAR – Sedikitnya 6.230 mahasiswa baru (Maba)  angkatan 2017 Universitas Negeri Makassar (UNM)  mengikuti Penyambutan. Kegiatan PMB hadirkan Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti sekaligus berikan kuliah umum wawasan kebangsaan.

Didampingi Rektor UNM, Prof Husain Syam, Pangdam menekankan jika demo anarkis itu tidak ada untungnya, banyak sekali kerugiannya yang berdampak pada masyarakat. Juga disampaikan, kalau mahasiswa di Makassar terkenal dengan demonya.

Dampaknya kata Agus, kemacetan dan berdampak pada mahasiswa itu sendiri yang melakukan demo dikarenakan kuliahnya terganggu.

Jenderal berbintang dua ini pun mengaku saat ditugaskan di Makassar jika dirinya ngeri melihat mahasiswanya identik dengan demo anarkis. “Saya tugas di Makassar ngeri karena bakar ban saat demonstrasi, melawan polisi, pokoknya ngeri melihatnya,” kata Agus Surya Bakti.

Pangdam XIV Hasanuddin pun menghimbau ribuan mahasiswa agar saat berdemonstrasi jangan terlalu anarkis yang merugikan masyarakat saat melakukan demo dalam mengaspirasikan suaranya.

“Jawabannya dengan demonstrasi sesuai dengan hukum, kita pasti menerima aspirasi itu. Jangan menutup jalan karena itu sangat merugikan kepentingan umum dan mahasiswa sendiri. Jadi, mulai sekarang pola pikir dan perilaku harus dirubah, berdemonstrasi dengan cara yang cerdas,” harapnya. (ar/R)