Desa Rewataya di Pulau Tanakeke Miliki Potensi Wisata Bahari

Desa Rewataya Kepulauan Tanakeke, kabupaten Takalar miliki potensi wisata bahari dengan panorama pantainya yang elok untuk dikembangkan. Pemdes setempat dengan keterbatasan anggarannya mencoba menatanya dengan membuatkan jalan lingkar.

TAKALAR – Berada di radius kurang lebih 2 mil dari daratan kota kecamatan Mappakasunggu (Mapsu) atau sekitar 8 km perjalanan darat, sebuah desa bernama Rewataya dikepulauan Tanakeke menwarkan potensi wisata yang bagus untuk dikembangkan. Pantai itu terdapat di dusun Rappo-Rappoa dengan panjang kurang lebih 1 km utara-selatan.

Menurut Kades Rewataya, Tallasa Bombong, pantai itu menghadap langsung ke matahari terbit, hingga sangat tepat untuk berjemur pagi di atas tebaran pasir putih.

Desa yang memiliki potensi kompleks ini dikelilingi 5 dusun yakni, dusun Rappo-Rappoa, Kalukuang, Rewataya, Lantang Peo dan Kampong Beru. Kompleknya kata Kades, karena ada nelayannya dan petani rumput lautnya, petani tambaknya dan pertaniannya termasuk wisata baharinya.

Hingga sekarang sejak dana desa dialokasikan, sudah banyak program yang sudah terealisasi seperti pembangunan  jalan paving blok, jalan lingkar pantai, taman bermain dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Bungdes.

Kedepannya atau untuk tahun ini, direncakan akan membangun tambatan perahu di pantai dusun Rappo-Rappoa yang akan dibiayai anggaran desa dan pengadaan perahu transportasi laut.  (cw)