Dinsos Salurkan Rp. 45,7 Miliar Bantuan

Dua program dipencanangan Gerakan 1000 kebaikan di Sulawesi Selatan Tersenyum serentak dilakukan yakni pemberdayaan masyarakat miskin melalui Bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan penyaluran dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Dinsos provinsi Sulawesi Selatan akan salurkan Rp. 45,7 miliar bantuan lewat KUBE dan PKH.Dinsos Salurkan

MAKASSAR – Dinas Sosial (Dinsos) Sulsel mencanangkan Gerakan Sulsel Tersenyum serentak di 1.000 titik. Ada dua program tercatat yang akan dilakukan dalam pencanangan yakni pemberdayaan masyarakat miskin melalui Bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan penyaluran dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Melalui dua program ini, total anggaran yang disalurkan mencapai Rp. 45,7 miliar dari APBN 2016. Terbagi atas bantuan Kube Rp. 42,9 miliar dan Rp. 2,8 miliar.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Ilham Gazaling menjelaskan, pemberdayaan fakir miskin melalui bantuan KUBE merupakan program pemberdayaan sosial yang arahnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin melalui kelompok usaha ekonomi produktif. Disitu akan tercipta kemandirian dan ketahanan sosial masyarakat dalam pencegahan masalah kemiskinan di Sulsel kedepan. ” Kami akan salurkan Rp. 45,7 miliar bantuan,” katanya.

Cakupan penerima bantuan di enam kabupaten kota pada 16 kecamatan, 48 desa/kelurahan sebanyak 140 KK atau 140 KUBE dengan jumlah bantuan Rp. 2,8 miliar. Khusus untuk penyaluran dana bantuan PKH menurut Ilhsm, merupakan pemberian bantuan tunai bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM). Program ini merupakan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Jangka pendeknya bertujuan mengurangi Keluarga Miskin. Tetapi jangka panjangnya dapat memutuskan mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari kondisi kemiskinan. Penerima bantuan PKH, yakni 24 kabupaten kota dengan jumlah 301 kecamatan, dan 2.739 desa/kelurahan, dengan total 100.644 KK penerima bantuan. Jumlah bantuan yang diserahkan mencapai Rp42,9 miliar lebih. Semua anggaran ini diserahakan melalui transfer langsung.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, program 1000 kebaikan merupakan program yang diharapkan bisa memajukan daerah, rakyat dan bangsa. Dinsoa salurkan sebesar Rp. 45,7 miliar bantuan untuk digunakan seefisien mungkin dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat di Sulawesi Selatan. (ar/R)