Disdik Pastikan Calon Kepsek Mulai Tes Pekan Depan

MAKASSAR – Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, akan melakukan tes kepada seluruh calon kepala sekolah (Kepsek), yang telah diusulkan UPDT. Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo menjelaskan, pihaknya sejauh ini sudah menjadwalkan pelaksanaan tes mulai pekan depan. “Tesnya melalui UMBK tidak klasikal, guru juga tes melalui basis komputer dan itu hari saja langsung ada hasilnya. Wawancaranya juga melalui video conference masing-masing di kantornya,” kata Irman.

Sebelumnya jelas Irman, pihaknya sudah meminta kepada Kepala UPTD untuk mengusulkan nama, hal itu dilakukan untuk bisa mengobservasi awal. Karena selain manajerial, juga dilihat hubungan sosial dan kepribadian, kita tidak punya pantauan soal itu. Makanya itu ada di UPTD. Sekitar 30 orang pewawancara dan kualifikasi pendidikannya pernah menjadi kepala sekolah, dan kualifikasi akademiknya setingkat doktor luar negeri.

“Jadi kita tidak ambil macam-macam soal ini. Kalau bekas guru doktoral tentu punya pengalaman konsepsi, tapi kita buatkan garis besarnya apa-apa yang di wawancarai. Termasuk kompetensi teknisnya dan manajerialnya,” urainya.

Di Sulsel sendiri, jumlah sekolah menengah atas negeri (SMA) dan SMK saat ini mencapai 580 sekolah. Seluruh sekolah ini akan ditentukan kepala sekolahnya melalui seleksi tersebut. Disdik juga sudah memanggil UPTD untuk diwawancarai, karena mereka yang mengusulkan nama calon kepala sekolah yang diseleksi.     (ear/cep/r))