DP3AP2KB Sinjai Tawarkan KB Gratis

SINJAI – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD)mengambil bagian di pameran pembangunan tahun 2017. Selama pameran, SKPD ini programkan pelayanan KB gratis pada pasangan usia subur (akseptor) lama dan yang belum masuk sebagai akseptor KB.

Kepala Dinas DP3AP2KB, Dra Hj Mas Ati,M.Si. mengatakan, pelayanan KB sebagai wujud pelayanan pemerintah pada masyarakat. “Kami bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Dinas Kesehatan untuk pelayanan KB dari penyuntikan dan pil. Namun untuk pelayanan yang bersifat privasi seperti tubektomi, vasektomi dan lainnya tidak dilakukan pelayanan di stand,” jelasnya.

Selain dapat menikmati pelayanan KB gratis, pengunjung stand juga diedukasi tentang kesehatan reproduksi bagi wanita dan pengenalan sejumlah alat kontrasepsi.

Tahun 2017, pihaknya telah membentuk Forum Anak tingkat desa dan kelurahan. Forum ini merupakan program nasional yang sangat penting untuk pembinaan anak. (ina/R)