Gaji 13 ASN Segera Diberikan Pekan Ke 2 Bulan Ini…

MAKASSAR – Jika sebelumnya, Aparat Sipil Negara (ASN) sudah menerima gaji 14 (THR) jika tak ada halangan pekan kedua bulan ini, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel akan kembali mencairkan ‘bonus’ (gaji 13).  Gaji yang peruntukannya untuk kebutuhan tahun ajaran baru nilainya mencakup satu bulan gaji dan tunjangan lain diluar tunjangan beras. Total nilai anggaran yang disiapkan BPKD Sulsel, khusus untuk gaji 13 PNS lingkup Pemprov mencapai Rp. 111 miliar.
Menurut Kepala BPKD Sulsel, Andi Arwin Azis, proses pencairan gaji 13 kemungkinan baru akan dilakukan pada pekan kedua Juli ini. Bahkan pihaknya berupaya agar pencairan bisa dilakukan pekan pertama ini, tergantung juknis dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).
“Insya Allah, kemungkinan cair minggu kedua Juli. Tetapi diupayakan pekan pertama, karena sekarang kami juga belum menerima juknis dari Kemenkeu. Gaji ke-13 ini kan memang untuk memenuhi kebutuhan PNS menyambut tahun ajaran baru,” jelas Arwin, kemarin.
Sekadar diketahui, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan akan mencairkan gaji ke-13 para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri aktif mulai Senin (3/7).  Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Marwanto Harjowiryono mengaku, gaji 13 untuk para PNS yang masih aktif bakal dicairkan pada awal Juli ini.
Pelaksanaan pembayaran gaji 13 tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 74/PMK.05/2017 tentang Perubahan Atas PMK Nomor 96/PMK.05/2016 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.    (ar/R)